MUSEUM ACEH ADAKAN SEMINAR PERMUSEUMAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI, INPIRATIF DAN BUKTI KEKAYAAN INTELEKTUAL

0
56

Seminar PermuseumanKepala UPTD Museum Aceh Dra. Junaidah Hasnawati bersama narasumber berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi dan Filologi sedang memaparkan materi di Aula Museum Aceh, Banda Aceh, Rabu 26 Juni 2019.

 

leveransindojaya. com | Banda Aceh – Museum Aceh kembali menggelar seminar dengan tema “Museum Aceh sebagai sumber Informasi, Inspirasi dan Bukti kekayaan Intelektual” di Aula Museum Aceh, Banda Aceh, Rabu (26/06/2019) pukul 08.30 WIB  hingga selesai.

Seminar tersebut menghadiri empat narasumber yaitu Dra. Junaidah Hasnawati, Kepala UPTD Museum Aceh, Kamaruzzaman Bustamanm Ahmad, Ph.D, dosen Fakultas Syariah UIN Ar-Raniry, Hermansyah, M.Th.,MA.Hum, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry dan Filolog Aceh, dan Dedi Satria S.S, penggiat Arkeologi Aceh.

Menurut Hermansyah, M.Th.,MA.Hum, Fakultas Adab UIN Ar-Raniry, Museum memiliki tujuan utama, di antaranya “kemanfaatan (benefit)” dan “dapat diakses (accesible)” sesuai konteks. Dua hal tersebut saling terkait dan disesuaikan dengan zaman ataupun konteks zaman sekarang, Rabu (26/6/2019).

“Setiap museum ingin tampil beda dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, sehingga museum selalu menjadi cermin untuk melihat sebuah kebudayaan dan peradaban masyarakat atau sebuah bangsa. Museum menjadi miniatur sebuah negara (tempat)  dan informasi awal bagi para pengunjung ke suatu daerah,” ujar Hermansyah, Rabu (26/6/2019).

“Oleh karena itu, museum dapat disebut sebagai jendela informasi bagi para pihak luar (dan bahkan generasi sendiri) dalam mengetahui kekayaan yang dimiliki oleh sebuah bangsa,” lanjut Hermansyah.

“Museum Aceh tempat menyimpan dan memamerkan kumpulan ‘benda budaya’ dan dengannya berupaya memberikan gambaran berbagai tema peristiwa sejarah perkembangan kebudayaan dari masa lampu di Aceh yang bersifat fragmen dan sekaligus menggambarkan tradisi masyarakat Aceh,” Deddy Satria, Rabu (26/6/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here