UPTD Museum Aceh Kembali Gelar Pameran Temporer “Siklus Kehidupan”

0
43
Kepala UPTD Museum Aceh Sedang Memandu Plt. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Muzakkir

Leveransindojaya.Com | Banda Aceh Pelaksanaan kegiatan pameran akan dijadwalkan selama 6 (enam) hari mulai dari tanggal 25 s.d 30 April 2019 bertempat di gedung pameran temporer komplek Museum Aceh dengan tema “Siklus Kehidupan” kegiatan tersebut akan memamerkan kehidupan dalam masyarakat Aceh.

Maksud pelaksanaan pameran ini yaitu menjalankan salah satu tugas rutin museum dengan melaksanakan pameran seperti hari ini, sedangkan tujuan pelaksanaannya adalah agar museum aceh dapat memaksimalkan fungsi dan perannya dengan menargetkan beberapa tujuan yang ingin dicapai sesuai visi dan misinya, jelas Kepala Museum Aceh Junaidah Hasnawati, Kamis (25/4/2019).

“Koleksi yang akan ditampilkan dalam pameran ini berjumlah 40 (empat puluh) koleksi beserta dengan koleksi penunjang dengan katagori koleksi etnografika, seperti peralatan upacara/pakinangan, perhiasan dan lain-lain disamping koleksi etnografi juga terdapat koleksi arkeologi seperti batu nisan. keseluruhan koleksi tersebut disajikan berdasarkan tema yang diangkat, mulai dari kelahiran hingga kematian.”

Hal tersebut diungkapkan Kepala UPTD Museum Aceh Junaidah Hasnawati saat memberikan kata sambutan kegiatan pameran temporer yang berlangsung di Museum Aceh, Kamis (25/4/2019).

Adanya pameran ini, kata Junaidah dinilai sangat penting bagi masyarakat Aceh yang saat ini sudah memiliki pemikiran milenial.

”Masyarakat kita banyak yang tidak tahu proses lengkap persiapan kelahiran hingga prosesi meninggalnya seorang di Aceh, maka kami sebagai salah satu instansi pemerintah dalam ruang lingkup kebudayaan, merasa penting semua ini ditampilkan,” jelas Kepala Museum Aceh Junaidah Hasnawati, Kamis (25/4/2019).

“Tema ini baru pertama kali ditampilkan, dalam setahun kita bisa lakukan dua hingga tiga kali,” ujar Junaidah.

Adanya kegiatan pameran ini kita juga berharap, tambah Junaidah, bisa memberikan pemahaman dan pembelajaran bagi masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung di Museum Aceh.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mengunjungi Pameran Temporer di halaman Museum Aceh tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here